Harga Mobil Murah


Penetapan harga mobil murah LCGC (Low Cost Green Car) akhirnya telah dikeluarkan oleh Kementrian Perindustrian dan telah disetujui oleh kementrian Hukum dan HAM pada tanggal 5 Juli 2013 melalui Peraturan Mentri Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 tentang pengembangan produksi kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dengan harga terjangkau. Untuk memenuhi kebutuhan mobil dalam negeri maka mobil ramah lingkungan harga murah ini telah siap untuk diproduksi.

Harga Mobil Murah 95 Juta

Untuk harga jualnya sendiri adalah maksimal 95 juta off the road. Harga mobil murah LCGC tersebut untuk mesin berbahan bakar minyak yang memiliki kapasitas mesin dengan silinder 980cc-1.200cc dengan konsumsi bahan bakar 20 km/liter. Juga untuk mesin dengan konsumsi solar dengan kapasitas silinder 1500 cc. Harga tersebut merupakan harga sebelum Bea Balik Nama, Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Daerah. Untuk penambahan fasilitas tertentu seperti teknologi pengamanan penumpang dan transmisi otomatis maka akan ada kenaikan harga sekitar 10-15 persen. Hal ini untuk menciptakan produsen lebih fleksibel dalam menawarkan harga mobil murah dengan fitur teknologi terbaru.

harga mobil murah

Dalam sebuah unit LCGC memerlukan komponen otomotif antara 10.000 sampai 12.000 komponen. Agar banyak penawaran bisnis dalam memenuhi kebutuhan komponen tersebut maka akan dipecah ke dalam 105 kelompok komponen. Pada tahap awal pembuatan mobil harga murah ini menggunakan 40% komponennya buatan Indonesia. Diharapkan kedepannya 80% lebih pemenuhan komponen mobil LCGC tersebut akan menggunakan komponen dalam negeri.



Untuk memenuhi kebutuhan mobil murah tersebut, ada beberapa merk yang ikut serta dalam pemenuhan mobil murah ini seperti Suzuki, Nissan Datsun, Honda, Agya dan Alya dan diperkirakan akan mulai dibuat pada tahun 2015. Diharapkan keinginan masyarakat Indonesia untuk memiliki harga mobil murah dapat segera terwujud