Advertisement

Ganti Ban Mobil Cuma 1 Saat Ganti Ban Baru Bolehkah ?

Sebaiknya anda tahu kapan ganti ban mobil anda. Saat mau ganti ban baru untuk mobil sering muncul pertanyaan apakah cukup mengganti 1 ban yang rusak atau dua atau semua ban harus diganti bersamaan? Ban merupakan salah satu hal terpenting dalam kenyamanan berkendara. Pemilihan dan perawatan ban yang tepat tentu akan meningkatkan safety dalam berkendara. Berikut ini adalah beberapa tips yang berkaitan dengan perawatan dan pemilihan ban mobil terbaik bagi kendaraan anda.

Untuk setiap 5000-7000 km rajinlah untuk melakukan rotasi ban mobil pada kendaraan sehingga setiap ban nantinya akan memiliki tingkat ketipisan yang sama setelah beberapa waktu pemakaian. Hal ini tentu akan mempermudah saat penggantian ban sehingga ban bisa diganti secara bersamaan.

Pada umumnya masa pakai ban mobil akan habis setelah menempuh jarak 40.000 km tetapi indicator termudah dalam melihat apakah ban kendaraan sudah waktunya diganti atau belum adalah dengan melihat tread wear indicator yang ada pada sisi ban. Ban harus segera diganti apabila kembang ban sudah mencapai batas tread wear indicator tersebut.

ban mobil

Perhatikan jika ban mobil Anda sudah terlihat retak-retak atau sudah mulai muncul kawat maka itu benar-benar harus diganti. Sebab untuk menjaga hal terburuk yang tidak diinginkan saat berkendara. Ban yang sudah retak-retak itu rentan meledak apalagi jika kondisi aspal panas.

Saat mengganti ban mobil maka pilihlah ukuran ban sesuai dengan standar pabrikan. Tetapi jika menginginkan ukuran ban yang lebih besar karena mungkin adanya penggantian velg yang besar disarakan tidak lebih 2 inci dari ukuran standar.

Gantilah ban secara keseluruhan sekaligus dengan merk yang sama. Jangan pernah mengganti hanya satu ban saja. Jika satu ban ternyata rusak dan harus diganti maka gantilah kedua ban kanan dan kiri sekaligus hal ini berkaitan dengan kestabilan kendaraan anda.

Apabila pergantian ban mobil tidak bisa secara keseluruhan maka gantilah dua ban sekaligus dan pasangkan untuk bagian depan kendaraan anda. Tujuannya adalah bila terjadi masalah pada ban maka kemungkinan terbesar akana terjadi pada ban belakang kendaraan anda. Bila ini terjadi maka anda masih bisa mengontrol kemudi kendaraan saat kendaraan anda melaju dijalanan.

Setiap ban mempunyai fungsi yang sama yakni berfungsi untuk meredam getaran, menyeimbangkan, mengontrol, dan juga sebagai penahan beban kendaraan saat melaju oleh sebab itu mobil perlu memiliki ban dengan kemampuan yang sama dan sesuai dengan kondisi jenis kendaraan.

Kondisi ban dengan kemampuan sama tentu akan lebih safety saat digunakan untuk melakukan manuver tertentu. Tidak demikian jika salah satu atau salah dua dari ban mempunyai kemampuan yang berbeda, mobil menjadi tidak memiliki performa yang seimbang.

Perlu dipahami ketika ganti ban mobil cuma 1 saat ganti ban baru yaitu kedalaman tapak ban lama 2/32 inci sampai 4/32 inci dari ban baru. Tetapi untuk mobil dengan sistem penggerak 4 roda yang direkomendasikan adalah keempat roda harus diganti pada saat yang bersamaan. Bila tetap mengganti ban cuma 1 pada mobil all wheel drive maka ke 3 ban lama lainnya akan berputar lebih cepat sehingga performa mobil tidak seimbang.

Pada mobil penggerak 2 roda ada baiknya untuk mengganti semua ban pada as roda yang sama. Akan tetapi rekomendasi terbaiknya adalah untuk mengganti semua roda jika tapak ban lama sudah terlalu tipis.

Pastikan ketika mengganti ban mobil dengan terencana maka pergilah ke dealer yang menawarkan full-service. Hal in berkaitan dengan lebih lengkapnya pilihan ban yang tersedia dalam beragam merk dan biasanya lebih difokuskan pada cuaca lokal dan kondisi jalan. Konsultasikan tipe kebutuhan ban anda kepada delar tersebut sehingga akan mendapatkan saran tentang ban mobil terbaik dari ahlinya.

Related Post

Advertisement

One thought on “Ganti Ban Mobil Cuma 1 Saat Ganti Ban Baru Bolehkah ?

  1. Mas Wied

    Penggantian 2 ban baru yg aman adalah dipasang pada ban blkg. Krn kehilangan traksi akibat ban blkg gundul tidak bisa dicounter oleh kemudi. Klu ban depan gundul msh bisa dicounter oleh kemudi. Itu yg direkomendasikan oleh Jakarta Defensive Driving Club maupun produsen ban.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *