Mobil Murah Suzuki Karimun Wagon R


Tidak mau ketinggalan dengan adanya Program mobil murah, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga memperkenalkan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) yaitu Karimun Wagon-R. Mobil murah Katimun Wagon-R ini diperkirakan akan dilempar ke pasar dengan harga termurah yaitu 77 Juta. Karimun Wagon R akan menjadi salah satu kandidat penantang kuat mobil murah lainnya di Indonesia seperti Honda Brio Satya, Datsun Go, Toyota Agya dan Dahatsu Ayla.


Advertisement



Mobil inipun tidak lupa menyematkan lambang burung garuda pada logo depan Sesuai dengan aturan yang diharuskan. Desain body yang ditawarkan cukup berbeda dibandingkan mobil murah lainnya lainnya, kali ini Suzuki memberikan desain boxy pada mobil murahnya. Desain inilah yang menjadi ciri khas dari mobil LCGC keluaran Suzuki. Bahkan kali ini suzuki mobil tidak hanya mengeluarkan satu tipe saja untuk mobil murahnya melainkan tiga tipe sekaligus. Ini berkaitan erat dengan biaya produksi dan harga mobil yang ditawarkan kepada konsumen.

Karimun Wagon R memiliki 3 Varian yang akan ditawarkan kepada konsumen lokal yaitu varian GA, GL, dan GX, dengan harga mulai dari Rp 77 juta sampai Rp 99 juta. Ketiga varian tersebut tidak memiliki banyak perbedaan sedangkan untuk versi termurahnya yaitu varian GA masih menggunakan Velg kaleng, sama halnya dengan versi termurah dari Ayla dan Brio Satya.

suzuki wagon

Patut disayangkan karimun murah ini belum dilengkapi dengan transmisi matik dan juga airbag untuk fitur keselamatan pengendaranya. Namun untuk, kali ini Karimun wagon R murah ini dilengkapi blue eyes pada lampu senja, yang diklaim tak dimiliki mobil murah lainnya.

wagon r

Spesifikasi Mobil Murah Suzuki Karimun Wagon R

Mobil berkapasitas lima penumpang Karimun Wagon R varian GX ini memiliki dimensi 3.600 x 1.475 x 1.700 mm sedangkan Jarak antar-sumbu rodanya 2.400 mm, memiliki bobot bodi mencapai 1.350 kg. Sementara itu, tinggi bodi ke tanah 170 mm pada bagian kaki-kaki telah dipasangkan velg racing dengan ring 13.

Lambang burung garuda yang tidak lupa disematkan pada bagian depan Suzuki Karimun Wagon R

Mobil murah Wagon R memakai mesin dengan kode K10B yang memiliki kapasitas 998 cc dan terbagi dalam tiga silinder dengan susunan segaris.

Tenaga maksimumnya 67 PS pada putaran mesin 6.200 rpm dengan torsi maksimum 90 Nm pada 3.500 rpm. Wagon R disediakan dengan transmisi manual 5-percepatan. Untuk sistem pasokan bahan bakar injeksi sedangkan kapasitas tangki bahan bakar 35 liter. Rem depannya sudah cakram,sementara rem belakang teromol.

Sementara itu, suspensi depan MacPherson strut dengan per keong, dan suspensi belakang model 3-titik dengan per kong.

Untuk varian tertinggi dari mobil murah karimun wagon R telah dilengkapi dengan Roof Rails yang berguna untuk memudahkan meletakkan membawa barang di atap. Untuk bagian dashboard Suzuki menawarkan kombinasi warna krem dan abu-abu sehigga menampilkan kesan mewah dengan penempatan panel instrumen yang ditata secara ergonomis dan mudah dijangkau.

Pada Pendingin ruangan dapat diatur dengan empat kecepatan angin dan pengendali temperatur. Sedangkan untuk audio karimun menyediakan audio 2 din dan empat speaker pelengkap multimedia.

Desain kotak mobil ini juga cukup membantu penumpang mendapatkan pandangan yang lebih luas dan kabin yang cukup lega.

Mobil murah karimun Wagon R ini juga dilengkapi indikator yang dapat menginformasikan saat yang tepat untuk memindah gigi, baik naik maupun turun, agar lebih irit bahan bakar.

Dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang terletak di bawah kursi depan sehingga barang-barang seperti buku dan laptop bisa dimasukkan di tempat ini. Untuk sistem kemudi telah dilengkapi dengan power steering berteknologi electric steering. Semoga mobil murah karimun Wagon R ini bisa menjadi pilihan bagi peminat harga mobil murah karimun Wagon R.