Advertisement

Program eco-car Thailand Ancam LCGC Indonesia ?

eco-thailand

Menurut sekertaris Gaikindo adanya mobil murah yang diproduksi di Thailand tidak akan menjadi pesaing bagi LCGC di Indonesia. Eco car produksi Thailand tersebut dinilai sangatlah berbeda dengan LCGC di Indonesia. Dijelaskan bahwa program mobil rendah emisi gas buang atau low carbon emition sendiri dibagi dalam kelompok mobil yang memiliki harga terjangkau seperti LCGC seperti yang ada di Indonesia saat ini dan kelompok low carbon yang memakai bahan bakar gas, hybrid, advand diesel.

Untuk mobil dengan ramah lingkungan yang memakai bahan bakar hybrid, gas maka dipastikan harganya tentu tidak murah. Mobil mobil inilah yang saat ini sedang diproduksi di Thailand. Thailand juga sedang mengkampanyekan mobil mobil ramah lingkungan tersebut dengan pemberian keringan pajak bagi penggunanya. Untuk mobil ramah lingkungan dengan mesin 20 kilometer (km) per liter akan mendapatkan diskon 25%. Sedangkan untuk mobil dengan mesin di atas 20 km-28 km per liter akan mendapatkan diskon 50% dan diatas 28 km per liter mendapatkan diskon 75%.

Program eco-car Thailand memang cukup populer bahkan produsen mobil VW juga telah mengajukan permohonan ikut dalam program Program eco-car Thailand pada bulan November 2013. VW diberitakan akan menginvestasikan 27 miliar baht (912 juta dolar) untuk pembangunan pabrik dekat Bangkok. Volkswagen ingin melipatgandakan produksi mobil menjadi 6,5 juta pada tahun 2018.

Isu pemanasan Global yang semakin marak didengungkan memang menjadi tantangan bagi produsen otomotif untuk bisa menghadirkan mobil ramah lingkungan. Disisi lain kemampuan beli masyarakat akan mobil murah juga perlu mendapatkan perhatian. Hal inilah yang mungkin baik terjadi bila mobil mobil ramah lingkungan bisa dipasarkan dengan harga murah.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *